Sore itu selasa, 19 agustus 2008 aku tengah mencetak ulang undangan DPS dan DPT serta menyiapkan blangko untuk persiapan pengundian tanda gambar tatkala Pak Handaya meneleponku dan memintaku untuk menggantikannya sebagai trainer di Pemalang hari rabu 20 agustus 2008 karena Pak Handaya akan mengikuti Ujian masuk S2 di Udinus.

Saat itu aku dihadapkan pada 2 pilihan yang sama beratnya. Rabu, 20 agustus 2008 di Desa ku akan dilaksanakan pengundian tanda gambar sebagai awal dimulainya masa kampanye Pemilihan Kepala Desa. Jabatanku sebagai sekretaris P4KD mengharuskanku datang untuk menandatangani berita acara. Sedangkan di sisi lain, aku adalah salah seorang Senior Trainer PeTIK. Perjalananku menjadi seorang Senior Trainer membuatku merasa memiiki kewajiban untuk menjalankan “tugas” ini.

Sebenarnya aku tidak punya alasan untuk menolak permintaan pak Han, namun aku hanya merasa “pekewuh” sama teman2 panitia kalo aku ga datang. Pertimbanganku sederhana saja, pengundian tanda gambar akan tetap jalan tanpa ada aku asalkan semua blangko dan form sudah tersedia. Sedangkan PeTIK di Pemalang akan terhenti kalau tidak ada aku. (hehe, sok idealis yach….). Akhirnya malam itu aku lembur sampai jam 11 malam untuk menyiapkan form2 yang akan digunakan esok.

Pagi 20 agustus 2008 jam 6 pagi aku sudah nunggu bis. Estimasiku perjalanan ke pemalang dapat ditempuh dalam 2 jam. Namun aku baru sampai di SMA 2 pemalang sekitar jam 8.30 (maaf ya pak…). Pagi itu atas permintaan pak had, peserta PeTIK mendiskusikan modul 1-10. Baru seudai makan siang aku membimbing teman2 calon Master Trainer untuk membuat email dam bergabung di milis pustekkom. Sebelumnya beberapa CMT mempresentasikan RPP yang kemudian diintegrasikan dengan TIK. Kemudian beberapa peserta mempresentasikan bahan ajar yang sangat menarik.

Dengan berbabagai pertimbangan dan atas persetujuan peserta pelatihan saya akhiri jam 3. karena setidaknya setelah maghrib saya sudah harus stand by di rumah untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkades esok hari. Alhamdulillah, teman2 CMT Pemalang sangat responsif terhadap materi hari itu. Harapanku presentasi hasil diskusi dapat di pandu pak han di hari terakhir pelatihan.

Terima kasih teman2 CMT di Pemalang, terus kontak ya…..