Selasa ini pikiranku semakin berkecamuk terkait dengan semakin dekatnya waktu pengumpulan portofolio untuk setifikasi. Jum’at besok harus dikumpulkan, dan rabu besok pengawas akan menilai proses KBMku

Hingga kemudian dengan sepenuh hati aku memutuskan untuk tidak mengikuti sertfikasi tahun ini meskipun aku sudah memperoleh nomor peserta. Alasanku adalah idialisme ku

Aku merasa bahwa aku belum layak memperoleh sertifikat sebagai pendidik. Di sini, di almamaterku masih banyak yang guru-guru ku yang mestinya layak mengikuti sertifikasi, bukannya malah 2 orang temanku seperti sekarang ini yang menurutku sangat jauh dari layak untuk mengikuti sertifikasi. Bukan bermaksud merendahkan, tetapi dilihat dari sisi manapun kinerja mereka sangat jauh dari layak. Keteladanan pun tidak ada.

Tapi sudahlah, yang penting ini keputusanku, dan aku akan mendengungkan di ruang guru : guru profesional adalah guru yang layak dijadikan teladan.

Selamat berjuang teman-temanku, kelak aku menyusul