Global warming menjadi isu besar akhir-akhir ini. Ramai ajakan menanam pohon, hemat energi, bahkan aksi demonstrasi stop emisi gas rumah kaca.

Kita juga dapat berpartisipasi, tak perlu muluk-muluk, cukup melakukan beberapa hal kecil berikut ini.

1.      Lepaskan kabel dari stop kontak jika sudah tak digunakan. Kebiasaan tetap memasang colokan meski telah dimatikan, akan memboroskan energi hingga 75 persen. Sayang, bukan, jika Anda harus membayar energi listrik yang tidak Anda gunakan.

2.      Buka jendela rumah lebar-lebar di siang hari. Banyak bukaan, selain membuat sirkulasi udara lebih lancar, juga dapat menjadi sumber penerangan alami. Hal ini akan mengurangi energi yang diperlukan untuk AC atau lampu di siang hari.

3.      Ganti bola lampu pijar anda dengan lampu hemat listrik. Rata-rata, setiap rumah menghabiskan seperempat energi listrik untuk penerangan. Dengan pemakaian lampu hemat listrik, akan mengurangi pengeluaran listrik untuk penerangan hingga 75 persen. Tentu ini bukan angka yang kecil.

4.      Jangan gunakan produk sekali pakai. Peralatan makan dan minum berbahan plastik atau styrofoam sekali pakai sangat tidak ramah lingkungan, karena tidak dapat terurai. Pemerintah China sangat serius dalam hal ini, mereka menjatuhkan denda kepada setiap orang yang memakai peralatan makan sekali pakai.

Biasakan membawa kantong belanja sendiri. Ini akan mengurangi jumlah sampah plastik yang sangat berbahaya bagi lingkungan.

Jika setiap orang melakukan hal-hal itu, perubahan besar pasti akan terwujud